Pantai Koka Maumere : Pasir Putih yang Paling Lembut dan Air yang Sangat Jernih di Kabupaten Sikka


Pantai Koka merupakan salah satu pantai di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Flores. Dari Kota Maumere, dibutuhkan sekitar 48 km. Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar, Anda akan terbang ke Kota Maumere.
Pantai Koka adalah pantai yang sangat atraktif dengan pemandangan laut yang bersih, begitu pula airnya yang sangat jernih, hamparan pasir putih lembut membentuk segmen, kiri dan kanan terdapat tebing seperti lukisan natural yang terlihat sangat artistik. Seperti pantai selatan lainnya, pantai Koka memiliki ombak besar tapi cukup aman jika kita ingin berenang di pantai. Pantai Koka adalah pantai yang jarang disentuh wisatawan sehingga keasriannya masih terjaga hingga saat ini. Tak banyak orang yang tahu mengenai pantai ini. Pantai indah ini tersembunyi dari keramaian dunia. Hamparan pasir putih dan halus di sepanjang garis pantai meyakinkan kita bahwa pantai Koka menjadi surga tersembunyi. Berjalan-jalan di atas pasir lunak menjadi salah satu aktivitas favorit di malam hari. Angin sepoi-sepoi pantai memberi Anda suasana dan sensasi. Itulah sebabnya sebagian besar pengunjung suka menunggu matahari terbenam bersama teman mereka.
Selain berjalan-jalan di sepanjang garis pantai, Anda juga akan menikmati dua batu besar. Batuan ini menjadi pemisah dua pantai. Air bersih dan biru di pantai Koka membuat pengunjung ingin segera terjun. Jika Anda memutuskan untuk snorkeling, terumbu karang dan aneka ikan akan menemani Anda. Mereka terlihat begitu cantik dengan banyak warna. Potensi alam pantai membuat siapapun yang datang ke Koka akan mengagumi keindahan pantai. Keaslian pantai sangat menonjol. Kondisi ini membuat warga setempat memutuskan untuk menghabiskan liburan mereka di sini karena pantai Koka merupakan salah satu tujuan favorit di Kota Maumere.
Tips
Bawalah perbekalaan Anda secukupnya karena di sekitar Pantai ini tidak terdapat cafe atau warung.
Aktifitas
Di Pantai Koka, Anda dapat menyelam atau snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni yang masih terjaga kelestariannya. Bagi Anda yang hobbi berselancar atau surfing, pantai koka juga merupakan tempat yang tepat karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan bisa mencapai ketinggian 1,5 meter.
Bagi Anda yang tidak suka aktifitas air, Anda dapat berjalan menyusuri garis pantai dengan kaki telanjang merasakan kelembutan pasir putih pantai sambil menyaksikan keindahan bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Jangan lewatkan untuk menyaksikan panorama sunset yang memukau di sore hari.
Penginapan
Terdapat hotel atau motel di pantai Koka. Atau Anda bisa menginap di Hotel Paga, hotel ini sangat dekat dari pantai Paga. Silahkan ditanya kepada masyarakat setempat, mereka biasanya ramah dan membantu.
Mencapai Lokasi Pantai Koka
Jika Anda ingin mengunjungi pantai Koka, Anda dapat terbang dari Jakarta ke Maumere (Bandara Frans Seda). Pertama, Anda bisa pergi ke Denpasar, Bali. Setelah menikmati perjalanan anda di Bali, Anda bisa berangkat dari Denpasar, Bali ke Maumere menggunakan pesawat terbang. Tiba di Maumere, ada banyak perjalanan bus di bandara Frans Seda. Anda harus mengambil tujuan ke pantai Koka. Tapi menggunakan bus travel akan mahal jika Anda sewa. Anda bisa naik bus ke Ende dan turun di Paga. Mereka tidak menggunakan tiket, tapi uang tunai sekitar Rp Rp 15.000. http://www.stipram.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sawah Berbentuk Jaring Laba-Laba di Manggarai ini, Hanya Satu-Satunya di Dunia

Asyiknya Mencoba Wisata Mata Air Panas di Soa, Bajawa, Flores, NTT

Etu, Tinju Adat di Boawae Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Nasional